Selamat Datang di Bordir

"Bordir" adalah penyedia layanan informasi motif - motif desain, mengeksplorasi motif desain untuk berbagai macam produk tekstil dan fashion, mencari solusi pengaturan komposisi dan kombinasi struktur desain, materi desain, interprestasi desain serta membuka cara pandang inovasi - praktis, dan berkesenian.

Kami memberikan izin untuk menggunakan semua gambar gratis guna keperluan produksi dalam usaha Anda, diterapkan pada real produk baik itu gambar graphis, pola, atau jahitan pada semua jenis pakaian.

Akan tetapi melarang keras untuk mempublikasikan ulang dalam bentuk gambar asli.


Konveksi Pakaian Seragam Sekolah

Kumpulan Motif Bordir Bunga Kecil

Cerita Tentang Bordir


Bordir adalah seni kerajinan dekorasi kain atau bahan kain lainnya yang diproses menggunakan jarum dan benang .
Seni Kerajinan bordir telah ada 30.000 SM. Data ini terbukti karena telah ditemukannya sisa-sisa fosil pakaian yang di hiasi jahitan bordir tangan, sepatu dan topi yang menggunakan hiasan bordir juga di temukan.

Di Siberia, sekitar 5000 SM dan 6000 SM ditemukan kerang yang dilubangi kemudian ditambah dengan hiasan desain dekoratif.Di China ditemukan juga pada 3500 SM yaitu adanya pakaian yang dibordir dengan benang sutra .
Bordir atau seni kerajinan jahit berasal dari Timur dan Timur Tengah.Yang terbukti dari hasil penemuan pada masa manusia primitif yang menggabungkan jahitan tangan atau border dengan kulit binatang.



Catatan Sejarah tentang bordir juga terlihat pada hiasan patung, lukisan dan vas, yang pada masa itu menggambarkan bahwa peradaban kuno telah mengenakan pakaian dengan hiasan benang-bordir.
di Eropa pada masa itu Hiasan kerajinan bordir banyak ditemukan pada keranjang pakaian bayi, pakaian pengadilan, perabot rumah dan barang-barang lainnya,benda-benda keagamaan, dan barang-barang rumah tangga yang juga telah menjadi tanda kekayaan dan status dalam banyak budaya termasuk Persia kuno, India, Cina, Jepang, Byzantium, dan abad pertengahan di Eropa. Seni tradisional ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam kebudayaan yang beragam seperti yang berkembang memasuki wilayah negara Vietnam utara, Meksiko, dan Eropa Timur.
Mesin bordir mulai di buat di Swiss timur - St Gallen, kemudian berkembang pada pertengahan abad ke-19.Wol,linen dan sutra telah digunakan selama ribuan tahun untuk seni kerajinan Bordir. Sekarang, benang bordir diproduksi dari kapas. Tidak hanya benang namun pita juga sering digunakan untuk membuat motif bunga bordir.


Pada awalnya alat yang digunakan untuk membordir hanya mesin jahit dan bingkai kayu, yang digerakkan dengan bantuan kaki.DiIndonesia pada tahun 1920 Mesin bordir ini sudah mulai di gunakan,seiring perkembangan teknologi industry maka sebagai pengembangan dibuatlah mesin juki.Meskipun sudah melibatkan bantuan mesin namun untuk mengopersikannya harus sepenuhnya mengandalkan bantuan manusia.Riset dan inovasi terus dilakukan sehingga pada akhirnya untuk membuat desain motif bordir di atas kain sekarang ini sudah dapat lebih cepat dan hemat, yaitu dengan menghubungkan antara mesin bodir dengan computer, dengan adanya cara ini untuk mengerjakan puluhan desain motif bordir untuk baju,dapat kerjakan secara bersamaan dalam waktu yang relatif singkat dan akurat.
Namun tentu saja meskipun demikian keindahan dan keluwesan dari karakteristik design motif bordir yang di kerjakan secara manual masih memiliki daya jual yang tinggi.Pengerjaan pembuatan motif bordiran untuk baju secara manual masih banyak digunakan oleh para pengrajin pakaian bordir di bandung, tepatnya di wilayah Soreang.Selain itu banyak pula pengrajin bordir didaerah lain seperti Pengrajin Baju bordir di Kota Tasikmalaya.Bagi Tasikmalaya usaha Bordiran sudah banyak memberikan kemajuan untuk masyarakat dan pemerintah daerah.Karena Bagi kota Tasikmalaya Produk bordiran merupakan lahan usaha dan industry unggulan yang menjanjikan dengan peluang pasar yang masih terbuka luas.

Berbagai macam produk yang menggunakan tambahan hiasan motif jahit bordir adalah :
Baju Koko,Baju Gamis,Mukena,Tunik,Kerudung,Kebaya,Selendang,Blus,Rok,Sprei,Sarung Bantal,Taplak Meja,Kopiah Haji,Kaos,Sajadah,Piyama,Kemeja atau Busana muslim lainnya.

Motif Bordiran tidak hanya digunakan untuk menghiasi produk busana tertentu, akan tetapi Bordir sering juga digunakan untuk membuat logo pada produk pakaian lainnya,seperti: Bordir untuk seragam,bordiran untuk topi, bordiran Handuk, bordir pada bahan Jersey, bordir untuk Kaos Polo,bordir untuk Kaos T-Shirt, bordir untuk Sweeter, bodir untuk baju Almamater, Bordir untuk Logo,bordir untuk nama, bordir untuk tas,bordir untuk dompet,bordir untuk emblem atau Bordir untuk pakaian berbahan Jeans atau denim.

Untuk dapat membuat motif bordiran di pakaian atau busana yang kita inginkan sekarang ini bukanlah hal yang sulit lagi, karena sudah banyak bertebaran disetiap kota yang menyediakan jasa pembuatan bordir jahit komputer, baik itu untuk pesanan banyak atau sedikit, bahkan ada juga yang bersedia mengerjakan pesanan satuan, misalnya mengerjakan bordiran untuk satu kaos saja bisa, dan dengan ongkos pengerjaan yang relatif murah, ada yang lima ribu rupiah hingga puluhan ribu atau ratusan ribu rupiah tergantung kerumitan motif bordir.
Dan untuk yang punya minat membuka usaha di bidang jahit dan bordir, sekarang sudah banyak dibukanya tempat pelatihan menjahit dan bordir,dengan bimbingan Trainer yang sangat berpengalaman tentunya.
Apabila membutuhkan jasa jahit bordir komputer atau tempat pelatihan langsung saja gunakan mesin pencari internet di komputer anda, jangan khawatir karena sangat mudah didapatkan dan sudah banyak tersedia di internet.
Ok...itu dulu dari saya, selamat membordir dan sukses untuk Anda.

Artikel oleh BORDIRBORDEL

2 Responses to "Cerita Tentang Bordir"

Anonymous said...

i like this :)

Whatever said...

Hi..Paul Hafalla..Thanks a lot

Chat With Us

Bergabunglah Bersama Kami

wdcfawqafwef